Cahaya adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Ini adalah agen alami yang merangsang penglihatan dan membuat segala sesuatunya mudah dilihat. Cahaya adalah kebalikan dari kegelapan.

Cahaya mempunyai panjang gelombang. Beberapa panjang gelombang dapat dilihat oleh mata manusia. Yang lain tidak bisa. Banyak hewan yang dapat melihat cahaya. Mereka membutuhkannya untuk mencari makanan, air, dan hal-hal lain.

Cahaya merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik dan radiasi yang dilepaskan oleh bintang, seperti matahari. Cahaya yang berasal dari matahari sampai ke bumi dan menjadikannya terang. Ini disebut siang hari.

Ilmu yang mempelajari tentang cahaya disebut optik. Jika cahaya mengenai benda buram, maka akan timbul bayangan. Ketika cahaya mengenai suatu benda transparan, cahaya melewatinya hampir seluruhnya tanpa menimbulkan bayangan yang berarti.

Cahaya adalah suatu bentuk radiasi elektromagnetik yang menunjukkan sifat gelombang dan partikel. Ini adalah suatu bentuk energi. Cahaya juga membuat bumi tetap hangat. Cahaya ada dalam paket energi kecil yang disebut foton. Setiap gelombang mempunyai panjang gelombang atau frekuensi. Mata manusia melihat setiap panjang gelombang sebagai warna yang berbeda. Pelangi menunjukkan seluruh spektrum cahaya tampak. Warna-warna yang terpisah, bergerak masuk dari tepi luar, adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Warna lain hanya dapat dilihat dengan kamera atau instrumen khusus: Panjang gelombang dengan frekuensi lebih tinggi dari warna merah disebut inframerah, dan lebih tinggi dari frekuensi ungu disebut ultraviolet.

Sifat utama cahaya adalah intensitas, polarisasi, fasa, dan momentum sudut orbital.

Dalam fisika, istilah cahaya terkadang berarti radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berapa pun, baik terlihat atau tidak.

Sifat fisik cahaya

sunting

Dalam ruang hampa, kecepatan cahaya adalah 299.792.458 meter per detik atau sekitar 186.282 mil per detik. Artinya, dibutuhkan waktu sekitar 7 menit bagi cahaya untuk mencapai Bumi dari Matahari.

Cahaya bergerak lurus. Jalur garis lurus sering kali digambarkan sebagai sinar yang bergerak dalam satu arah. Diagram sinar digunakan untuk menggambarkan perjalanan cahaya dari satu tempat ke tempat lain. Seberkas cahaya dapat dianggap sebagai sekumpulan sinar cahaya.

Benda yang menghalangi sinar cahaya dapat menimbulkan bayangan. Benda buram menghalangi semua sinar cahaya dan menciptakan bayangan lebih gelap. Benda tembus cahaya menghalangi sebagian sinar dan menghamburkan sinar lainnya. Mereka menciptakan bayangan yang lebih terang. Benda transparan akan memungkinkan semua sinar cahaya melewatinya. Mereka tidak mempunyai atau sangat sedikit bayangan. Cahaya dapat dengan mudah menembus benda transparan. Ketika cahaya tidak berada dalam ruang hampa, ia bergerak lebih lambat dari kecepatan cahaya. Kecepatan cahaya paling lambat yang pernah tercatat adalah 39 mil per jam. Benda buram menimbulkan bayangan.

Mata kita bereaksi terhadap cahaya. Saat kita melihat sesuatu, kita melihat cahaya yang dipantulkannya, atau cahaya yang dipancarkannya. Misalnya, sebuah lampu memancarkan cahaya. Segala sesuatu yang lain di ruangan tempat lampu berada memantulkan cahaya lampu. Sebagai pengamat, seseorang tidak dapat secara langsung menentukan dari mana datangnya sinar cahaya sebelum dipantulkan suatu benda. Manusia hanya dapat melihat sinar cahaya yang merambat langsung ke mata.

Setiap “warna” cahaya memiliki panjang gelombang yang berbeda. Semakin pendek panjang gelombangnya, semakin banyak energi yang dimiliki cahayanya. Kecepatan cahaya tidak bergantung pada energinya. Menembus benda-benda tembus cahaya dapat memperlambat cahaya dalam jumlah yang sangat kecil.

Cahaya putih terdiri dari banyak warna cahaya yang digabungkan. Ketika cahaya putih menyinari prisma, ia terpecah menjadi warna-warna berbeda, menjadi spektrum. Spektrum berisi semua panjang gelombang cahaya yang dapat kita lihat. Cahaya merah memiliki panjang gelombang terpanjang, dan cahaya ungu (ungu) memiliki panjang gelombang terpendek.

Cahaya dengan panjang gelombang lebih pendek dari ungu disebut sinar ultraviolet. Sinar-X dan sinar gamma adalah bentuk cahaya dengan panjang gelombang lebih pendek dibandingkan ultraviolet. Cahaya dengan panjang gelombang lebih panjang dari merah disebut cahaya inframerah. Gelombang radio merupakan salah satu bentuk radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dibandingkan cahaya infra merah. Gelombang mikro yang digunakan untuk memanaskan makanan dalam oven microwave juga merupakan salah satu bentuk radiasi elektromagnetik. Mata kita tidak bisa melihat energi semacam itu, tapi ada beberapa kamera yang bisa melihatnya. Berbagai bentuk cahaya, baik tampak maupun tak kasat mata, merupakan spektrum elektromagnetik.

Ketika cahaya dibiaskan pada tetesan air hujan, maka terbentuklah pelangi. Tetesan hujan bertindak seperti prisma dan membiaskan cahaya hingga kita dapat melihat warna spektrumnya.