Drs. Rezlan Ishar Jenie (Templat:Lahirmati) adalah seorang diplomat Indonesia. Sejak tahun 2010, ia menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Perancis merangkap Kepangeranan Monako dan Kepangeranan Andorra serta UNESCO.[1] Sebelumnya, ia menjabat Direktur Jenderal Multilateral pada Kementerian Luar Negeri RI.

Rezlan Ishar Jenie
Born (1952-01-06) January 6, 1952 (age 68)
Indonesia Jakarta
Nationality Indonesia Indonesia
Occupation Diplomat
Known for Duta Besar
Religion Islam
Spouse(s) Sally Yukari
Children Anggi Sazika Jenie
Ken Yudistira Jenie
Parents Adlinsjah Jenie (ayah)
Chailan Sjamsoe (ibu)

Selama kariernya, Rezlan Ishar Jenie pernah bertugas di Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Jenewa, Swiss (1984-1988), PTRI New York (1991-1996) dan Kepala Kantor Urusan Kepentingan RI di Lisabon, Portugal (1999-2000), kemudian menjadi Direktur Amerika (2000-2002). Sejak 31 Maret 2004 sampai 28 April 2007 ia menjadi Duta Besar RI untuk PBB di New York merangkap Bahama, Jamaika, Guatemala, dan Nikaragua menggantikan Makmur Widodo.

Rezlan Ishar Jenie merupakan seorang diplomat karier yang memulai kariernya di Departemen Luar Negeri sejak tahun 1981.

KeluargaSunting

Rezlan menikah dengan seorang wanita bernama Sally Yukari dan telah dikaruniai dua orang anak, yakni Anggi Sazika Jenie dan Ken Yudistira Jenie. Rezlan Ishar Jenie lahir dari pasangan Chailan Sjamsoe dengan Adlinsjah Jenie asal Pariaman, Sumatera Barat. Ia adalah anak pertama dari lima bersaudara.

Rezlan Ishar Jenie merupakan salah seorang keturunan dari keluarga besar "JENIE". Diantara beberapa orang kerabatnya seperti sepasang kembar, Umar Anggara Jenie, Said Djauharsyah Jenie dan ayahnya sendiri, Adlinsjah Jenie.

RujukanSunting

Pranala luarSunting

Templat:S-start Templat:S-gov Templat:Kotak suksesi Templat:Kotak suksesi Templat:Kotak suksesi Templat:Kotak selesai

Templat:Indo-bio-stub