Konten dihapus Konten ditambahkan
Rymchonak (bicara | Sumbangan)
Tidak ada ringkasan suntingan
 
Baris 64:
This year we celebrate 130. birthday of Belarusian great poets [[en:Yanka Kupala]] and [[en:Yakub Kolas]]
Could you help us to translate articles into your unique and honourable language? Thank you in advance! --[[Pengguna:Rymchonak|Rymchonak]] ([[Pembicaraan Pengguna:Rymchonak|bicara]]) 8 Juni 2012 05.27 (UTC)
 
== Bahasa Bugis dalam Huruf Latin ==
 
Perkenalkan, saya dari Wikimedia Indonesia. Kami berniat membantu perkembangan Wikipedia bahasa Bugis yang saat ini terhenti. Dugaan kami, perkembangan Wikipedia bahasa Bugis ini terhenti karena halaman muka Wikipedia ini menggunakan huruf Lontara. Di Indonesia, tidak banyak orang fasih menggunakan huruf Lontara untuk membaca dan menulis sehingga penggunaan huruf Lontara ini justru dapat menjauhkan orang Bugis dari Wikipedia bahasa Bugis. Bila Saudara berkenan, saya usul agar segala tulisan berhuruf Lontara di halaman muka Wikipedia bahasa Bugis Saudara ubah menjadi huruf Latin agar dapat diterima khalayak Bugis di penjuru dunia.
 
Berkaitan dengan huruf Lontara yang menjadi ciri khas bahasa Bugis, tentu kurang afdol bila Wikipedia bahasa Bugis tidak menampilkan huruf Lontara. Untuk mengatasi keanekaragaman huruf tersebut, Wikimedia sejatinya memiliki fitur transliterasi otomatis yang dapat diubahsuaikan untuk otomatis mengubah huruf Latin ke huruf Lontara. Fitur tersebut juga diterapkan pada Wikipedia bahasa Azerbaijan yang menggunakan tiga huruf: Arab, Latin, dan Serilik. Di masa mendatang, fitur ini dapat diterapkan pada Wikipedia bahasa Bugis.
 
Beberapa Wikipedia berbahasa lokal di Indonesia memilih menggunakan huruf Latin agar banyak orang bisa terlibat menyunting Wikipedia, meskipun mereka juga memiliki huruf sendiri. Contohnya adalah Wikipedia bahasa Jawa dan Wikipedia bahasa Sunda. Meskipun memiliki huruf sendiri, keduanya memilih menggunakan huruf Latin yang universal, dapat digunakan orang Jawa dan Sunda di penjuru dunia. Di masa mendatang, kedua Wikipedia tersebut mungkin menggunakan fitur transliterasi otomatis untuk menampilkan tulisan-tulisan berhuruf Jawa maupun Sunda.
 
Sekiranya usulan saya ini dapat menjadi perhatian. Mohon maaf bila saya ada silap kata. Terima kasih telah membantu merintis Wikipedia bahasa Bugis. Salam [[Pengguna:Wirjadisastra|Wirjadisastra]] ([[Pembicaraan Pengguna:Wirjadisastra|bicara]]) 19 Oktober 2018 11.22 (UTC)