Adlinsjah Jenie (lahir 8 Mei 1922) adalah seorang diplomat Indonesia. Pada tanggal 27 Maret 1976 ia dilantik oleh Presiden Soeharto sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Sri Lanka.[1]

Adlinsjah Jenie
Born 8 Mei 1922
Nationality Indonesia Indonesia
Occupation Diplomat
Known for Duta besar
Religion Islam
Spouse(s) Chailan Sjamsoe
Children Rinandi Pasha Jenie
Rezlan Ishar Jenie
Dharma Irawan Jenie
Indra Birmawan Jenie
Budi Pandawa Jenie
Parents Muhammad Jenie
Siti Aisjah Sidi Tje

KeluargaSunting

Adlinsjah Jenie menikah dengan seorang wanita bernama Chailan Sjamsoe dan dikaruniai lima orang anak, yakni Rinandi Pasha Jenie, Rezlan Ishar Jenie, Dharma Irawan Jenie, Indra Birmawan Jenie dan Budi Pandawa Jenie.

Salah seorang putranya, Rezlan Ishar Jenie juga mengikuti jejaknya dengan menjadi diplomat dan pernah bertugas sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Perancis merangkap Kepangeranan Monako dan Kepangeranan Andorra.

Adlinsjah merupakan putra dari pasangan Muhammad Jenie dan Siti Aisjah Sidi Tje asal Minangkabau. Ia juga merupakan paman dari sepasang kembar, Said Djauharsjah Jenie, seorang ilmuwan penerbangan dan pernah menjabat Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta saudara kembarnya, Umar Anggara Jenie, juga seorang ilmuwan yang pernah memimpin Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

RujukanSunting

Pranala luarSunting

Templat:Biografi-stub